![]() |
Kepala Bidang Yankes Dinas Kesehatan Lombok Timur, Lalu Aries Fahrozi. dok/ong |
Lombok Timur, LokalNews.id – Program Cek Kesehatan Gratis (CKG) yang diluncurkan sejak 10 Februari lalu, menunjukkan perkembangan positif di Lombok Timur. Per 12 Maret, tercatat 1045 orang telah mendaftar, dengan 582 di antaranya sudah menjalani pemeriksaan.
Kepala Bidang Yankes Dinas Kesehatan Lombok Timur, Lalu Aries Fahrozi, mengungkapkan bahwa sebelum pelaksanaan program, Dinas Kesehatan telah mengumpulkan seluruh Kepala Puskesmas.
"Kemudian 11 Februari kita melakukan simulasi pelayanan CKG di Puskesmas Selong,"kata Lalu Aries di ruang kerjanya, Jumat (13/3).
Simulasi CKG tersebut dijelaskannya, bertujuan untuk mengidentifikasi kendala dalam layanan, seperti keterbatasan ruang khusus bagi peserta CKG yang masih bercampur dengan pasien reguler. Selain itu, minimnya pengguna aplikasi SATUSEHAT.
Meskipun begitu, pada evaluasi diminta semua puskesmas untuk beradaptasi. "Alhamdulillah, jumlah peserta terus meningkat,"imbuhnya.
Dengan capaian ini, Lombok Timur berhasil menempati posisi ketiga di NTB dalam pelaksanaan CKG. Dinas Kesehatan terus memantau perkembangan program ini setiap hari untuk memastikan pelayanan semakin optimal. (*)
Kepala Bidang Yankes Dinas Kesehatan Lombok Timur, Lalu Aries Fahrozi, mengungkapkan bahwa sebelum pelaksanaan program, Dinas Kesehatan telah mengumpulkan seluruh Kepala Puskesmas.
"Kemudian 11 Februari kita melakukan simulasi pelayanan CKG di Puskesmas Selong,"kata Lalu Aries di ruang kerjanya, Jumat (13/3).
Simulasi CKG tersebut dijelaskannya, bertujuan untuk mengidentifikasi kendala dalam layanan, seperti keterbatasan ruang khusus bagi peserta CKG yang masih bercampur dengan pasien reguler. Selain itu, minimnya pengguna aplikasi SATUSEHAT.
Meskipun begitu, pada evaluasi diminta semua puskesmas untuk beradaptasi. "Alhamdulillah, jumlah peserta terus meningkat,"imbuhnya.
Dengan capaian ini, Lombok Timur berhasil menempati posisi ketiga di NTB dalam pelaksanaan CKG. Dinas Kesehatan terus memantau perkembangan program ini setiap hari untuk memastikan pelayanan semakin optimal. (*)